TUTORIAL CARA MENGGUNAKAN MESIN PENCARI

Di internet ada banyak sekali mesin pencari (dalam Bahasa Inggris : search engine). Ada mesin pencari lokal milik anak Bangsa Indonesia sampai mesin pencari milik orang luar negeri/bule. Keberadaan mesin pencari ini sangat penting di internet. Dengan adanya mesin pencari ini, pengguna internet yang mencari informasi atau bahan referensi untuk bacaan akan sangat mudah menemukan website atau web blog yang berisi informasi tersebut.

Hampir sebanyak lebih dari 50 % (persen) jumlah pengguna internet yang mengakses website atau web blog melalui mesin pencari. Hal ini tentu akan menjadi peluang bagi para pemilik web untuk mendatangkan pengguna internet/ pengunjung/ visitor ke website. Tentunya para pemilik website harus mengetahui caranya supaya websitenya bisa masuk ke mesin pencari. Para pemilik website atau web blog seharusnya mengetahui cara submit website dan web blognya ke mesin pencari.

Ada banyak sekali cara untuk submit website atau web blog supaya bisa masuk ke mesin pencari. Caranya bisa dengan manual atau menggunakan perangkat lunak (software) online yang sering bisa dijumpai di internet. Untuk cara submit manual biasanya dengan mengunjungi satu per satu mesin pencari tersebut, kemudian mendaftarkan URL websitenya. Untuk cara submit menggunakan software biasanya hanya tinggal sekali klik saja, maka URL website akan otomatis terindeks dan masuk ke banyak mesin pencari.

Oleh karena itu, apabila website atau web blognya tidak masuk ke mesin pencari, maka para pemilik web blog akan merasakan kehilangan suatu potensi jumlah pengunjung yang besar dan banyak. Hal ini dikarenakan angka 50 % lebih adalah sangat besar sekali. Sedangkan apabila website atau web blog bisa masuk ke mesin pencari, maka web akan mendapatkan traffic gratis dari mesin pencari.

Dari sekian banyak pengetahuan di internet, salah satunya yaitu adalah kemampuan dasar yang sangat perlu dikuasai oleh pengguna internet untuk mempelajari suatu ilmu pengetahuan tanpa batas di dunia internet adalah tentang tata cara menggunakan situs atau website mesin pencari atau biasa disebut dengan Search Engine.

Saat berselancar di dunia internet ada yang namanya nama domain atau biasa disebut dengan alamat situs suatu web. Di dunia internet ini terdapat banyak sekali bahkan terdapat jutaan situs yang mengandung berbagai informasi yang beragam. Dari banyak situs tersebut, ada situs yang berisi tentang tutorial cara belajar computer, ada informasi tentang tata cara mendapatkan uang dari internet, ada juga artikel yang berisi tips atau tutorial kehidupan sehari-hari, ada tata cara mengatur ekonomi keuangan, ada berita tentang olahraga, dan lain-lain. Berbagai informasi yang terdapat di internet itu tersebar di banyak jutaan nama domain dan kita tidak mungkin untuk menghafal jutaan nama domainnya satu per satu.

Selain itu juga, tidak terdapat semua informasi atau tutorial pada satu kategori yang sama terdapat di dalam suatu situs, bisa juga jadi informasi atau tutorial apa yang tidak ada di suatu situs, maka terdapat di situs lainnya. Oleh karena hal tersebut, diciptakannya dan hadirlah situs yang disebut dengan situs mesin pencari yang dapat membantu kita untuk mencari suatu informasi di internet dengan cara yang mudah.

Melalui mesin pencari atau search engine, kamu cukup dengan memasukkan kata kunci untuk pencarian suatu informasi tertentu, kemudian situs mesin pencari tersebut akan menampilkan banyak sekali daftar situs yang mengandung suatu informasi yang sesuai dan berkaitan dengan kata kunci tersebut. Penggunaan mesin pencari ini menjadi sangat praktis Karena kamu hanya cukup melakukannya melalui satu situs mesin pencari saja, dan semua informasi yang berhubungan dengan kata kunci yang dibutuhkan akan tersedia semuanya di sana. Di dalam tutorial ini kita akan bersama-sama belajar tentang tata cara menggunakan salah satu situs mesin pencari yang terdapat di internet dan situs mesin pencari yang paling popular yaitu Google.com.

Cara Mencari Suatu Informasi Melalui Mesin Pencari Google

Google merupakan salah satu dari sekian banyak situs web di internet yang memiliki fasilitas pencarian kata kunci di mesin pencari. Kita dapat masuk dan mengakses di internet ke web google dengan cara mengetik alamat situs pada Address Bar internet browser mozilla firefox atau internet explorer dengan cara menekan tombol pada keyboard atau papan ketik ALT+D maka pembaca layar pada internet browser akan menyebutkan ”Search or Enter Address” kemudian kita dapat mencoba mengetik www.google.com untuk pencarian umum seluruh dunia atau www.google.co.id untuk lokal hanya untuk negara Indonesia, lalu tekan Enter pada keyboard atau papan ketik. Setelah itu, maka pada pembaca layar akan mengatakan berupa tampilan ”Search Edit Blank.” Setelah itu, maka lakukan langkah sebagai berikut:

1. Anda bisa mengetikan kata kunci yang dicari pada kolom search google. Sebagai contohnya, Anda bisa mengetikkan “Cara mendapatkan uang melalui internet”, kemudian tekan enter pada keyboard atau papan ketik.
2. Pada layar komputer akan terlihat mesin pencari akan mencari informasi berdasar kata kunci yang dimasukkan ke dalam kotak pencarian di dalam search engine google.
3. Setelah beberapa saat menunggu maka akan terdengar suara dari pembaca layar, kemudian Anda bisa menekan beberapa kali tombol H keyboard sampai pembaca layar akan membacakan hasil dari kotak pencarian search engine google. Setelah itu, hasil pencarian oleeh search engine google akan terlihat dan ditampilkan di layar monitor komputer.
4. Setelah beberapa saat maka akan ditampilkan banyak web atau situs serta blog yang berisi artikel yang relevan dan berhubungan dengan kata kunci “cara mendapatkan uang melalui internet” akan ditampilkan di layar monitor komputer.
5. Setiap halaman dari hasil pencarian di mesin pencari, biasanya akan tampil beberapa situs atau web atau blog artikel yang terdiri dari 10 hasil pencarian. Setiap hasil pencarian dari mesin pencari biasanya ditandai dengan judul atau heading. Anda bisa berpindah-pindah dari satu heading atau judul informasi ke judul informasi lainnya dengan cara menekan huruf H di keyboard serta menekan tombol shift+H di papan ketik untuk short-cut heading.
6. Terlihat bahwa di bawah setiap judul atau heading adalah berupa cuplikan singkat atau informasi singkat yang terdapat di dalam hasil pencarian tersebut. Apabila informasi yang ditampilkan sudah sesuai dengan keinginan, maka Anda bisa membuka salah satu hasil peencarian dengan cara menekan tombol enter pada keyboard di heading atau judul.
7. Apabila web atau situs yang ditampilkan di hasil pencarian ternyata tidak sesuai dengan keinginan kita, maka kita bisa kembali ke halaman pencarian sebelumnya, dengan cara menekan tombol ALT+Panah Kiri pada keyboard untuk kembali kepada daftar list web atau situs yang dihasilkan oleh mesin pencari.
8. Anda bisa mengulanginya kembali untuk membuka web atau situs lainnya yang berada pada halaman hasil pencarian.

Cara Menyimpan File Halaman Web atau Situs

Halaman web atau situs di dalam salah satu internet browser, yaitu Mozilla Firefox dapat disimpan ke dalam hard disk atau USB flashdisk di komputer. Hal Ini bisa kita lakukan supaya kita bisa membuka kembali halaman web atau situs tersebut tanpa harus terhubung koneksi ke internet lagi atau work offline. Hal ini akan sangat membantu sekali terutama untuk Anda yang jarang terhubung akses ke internet, serta perlu mengumpulkan suatu informasi untuk mengerjakan tugas atau untuk keperluan hal lainnya. Berikut cara menyimpan file halaman web atau situs:

1. Coba Anda buka satu atau beberapa halaman web atau situs yang mau disimpan.
2. Pilih menu file dengan cara menekan tombol ALT+F di keyboard lalu pilih save as dengan cara menggunakan Panah Bawah kemudian tekan tombol Enter di keyboard.
3. Menentukan tempat lokasi penyimpanan di dalam save in (misalnya di dalam folder Documents) dengan cara tekan tombol Tab sampai layar monitor menampilkan tulisan ”Save In.”
4. Di dalam kotak file name Anda bisa mengetik nama file-nya (misalnya tugas 1)
5. Kemudian Anda bisa menekan tombol tab pada keyboard, lalu pada save as type, Anda bisa memilih format file sesuai dengan yang diinginkan. Kemudian Anda bisa memilih web page, complete dengan format (.html) untuk dapat menyimpan halaman web atau situs sesuai dengan format file aslinya saat dibuka secara online.
6. Kemudian Anda bisa menekan tombol tab di keyboard, kemudian tekan tombol enter pada menu Save.

Cara Mengoptimalkan Hasil Pencarian pada Mesin Pencari Google Sebagian besar para pengguna mesin pencari Google mungkin kebanyakan hanya mengetikan kata kunci lalu menekan tombol enter pada tombol search untuk mencari suatu informasi. Hal tersebut tidak ada yang salah memang, namun sebetulnya mesin pencari Google menyimpan beberapa cara yang rahasia yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang agar hasil pencarianmu lebih baik. Misalnya Anda mau mencari sesuatu informasi yang sangat spesifik, maka mesin pencari Google dapat memberikan jawabannya dengan lebih cepat serta lebih akurat, daripada Anda harus membuka satu demi satu hasil pencarian dari mesin pencari google.

Mesin pencari google dapat mencari suatu istilah untuk dapat menemukan daftar dari suatu arti atau definisi dari sebuah istilah. Misalnya Anda bisa mengetikkan tunanetra untuk mencari definisi atau istilah tentang tunanetra. Maka hasil pencarian dari mesin pencari google yang akan muncul pertama kali adalah istilah yang berasal dari web atau situs ensiklopedia atau berupa kamus.

Mesin pencari Google juga dapat menjadi sebuah kalkulator. Anda bisa mencoba memasukan suatu perhitungan yang ingin diketahui hasilnya, lalu tekan tombol enter di keyboard. Anda bisa mengguunakan tanda plus + untuk penjumlahan, tanda minus – untuk pengurangan, tanda bintang * untuk perkalian, tanda garis miring / untuk pembagian, tanda payung ^ untuk pemangkatan, dan lain-lainnya. Selain itu, Anda juga dapat melakukan operasi perhitungan yang rumit serta kompleks, misalnya Anda bisa mengetikkan 2*100/4, maka mesin pencari Google akan menampilkan 50 pada hasil pencarian sebagai hasilnya.

Mesin pencari google juga bisa membatasi hasil pencarian yang hanya menampilkan suatu ekstensi atau tipe file tertentu. Sebagai contoh, misalnya Anda bisa mengetikkan Tutorial menulis pidato filetype:pdf, kemudian tekan tombol enter pada keyboard. Perintah ini ditujukan untuk mencari informasi tentang tutorial menulis pidato di dalam tipe format file PDF. Anda bisa mencoba mengulangi pencarian dengan ekstensi tipe file lainnya untuk dapat melihat perbedaannya (misalnya ekstensi tipe file seperti xls atau pun doc).

Mesin pencari google juga bisa digunakan untuk mengkonversi kurs mata uang. Misalnya Anda bisa mengetikkan 10 USD di dalam mata uang IDR atau 10 US$ di dalam mata uang rupiah untuk menghitung nilai kurs 10 dolar mata uang Amerika (USD) dalam mata uang Rupiah (IDR).

Mesin pencari google juga bisa dipergunakan untuk menemukan link web atau situs-situs yang menyajikan informasi tentang buku yang berisi tema tertentu. Misalnya Anda bisa mencoba mengetikkan books cara merakit komputer pc sendiri untuk mendapatkan informasi buku tentang cara merakit komputer pc sendiri.

Mesin pencari google juga bisa digunakan untuk mencari resensi suatu film. Misalnya Anda bisa mencoba mengetikkan movie:horror, maka mesin pencari google akan menampilkan daftar list resensi film bertema atau berjudul tentang cinta (baik menampilkan aktor, lokasi, dan lain sebagainya).

Mesin pencari google juga bisa dipergunakan untuk menampilkan daftar list semua halaman web dari sebuah situs yang telah disimpan oleh mesin pencari Google. Misalnya Anda bisa coba mengetikkan site:widtama.com untuk dapat melihat daftar list halaman web Widtama.

Mesin pencari google juga bisa dipergunakan untuk memeriksa daftar list situs atau web yang merujukkan link ke web atau situs yang dicari. Misalnya Anda bisa coba mengetikkan link:widtama.com untuk dapat melihat daftar list situs atau web yang akan merujuk ke web Widtama.com.

Mesin pencari google juga menciptakan tombol pencarian khusus, yaitu tombol I’m feeling lucky. Tombol yang terdapat di dalam Google Bahasa Indonesia ini setelah diterjemahkan maka akan menjadi tombol Saya Merasa Beruntung ini terkadang jarang sekali digunakan dikarenakan kita tidak mengetahui fungsi tombol ini. Padahal apabila setelah Anda coba mengetikkan suatu kata kunci lalu menekan tombol enter di keyboard pada tombol I'm feeling lucky dan bukan menekan tombol search, maka mesin pencari Google akan langsung membuka hasil pencariannya yang seharusnya tampil pertama, bukan menampilkan seluruh hasil pencarian.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk teruslah berlatih dalam menggunakan mesin pencari search engine Google. Hal ini dikarenakan sepanjang Anda sering menggunakan internet, maka penggunaan mesin pencari google ini akan sangat dibutuhkan keberadaannya. Apapun masalah yang sedang Anda hadapi, maka Anda tinggal mengetikkan kata kunci saja di kotak pencarian mesin pencari Google. Niscaya Anda akan langsung menemukan jawabannya.